Friday, March 19, 2010

Perusahaan Google Tetap sebagai Tempat Kerja Idaman?

Dengan terjadinya krisis global, peusahaan Google akhirnya tak mampu menahan krisis tersebut. Perusahaan mesin pencari internet terbesar dunia itu memutuskan untuk merumahkan sekitar 200 pekerjanya. Hal ini terjadi, meskipun Google mampu mempertahankan labanya namun Google tak dapat untuk melakukan penghematan akibat krisis global yang menerpa.
Manajemen Google mulai membatasi menyewa tenaga kerja baru. PHK karyawan kali ini lebih terkonsentrasi pada divisi penjualan iklan Google, akibat semakin melorotnya tingkat pemasangan iklan. Hal tersebut dikarenakan banyak perusahaan dan konsumen mengurangi pengeluaran dana untuk promosi.
Namun, walaupun hal itu terjadi, saat ini tentang fasilitas yang dimiliki oleh Perusahaan Google sudah bukan rahasia lagi, banyak cerita tentang kehebatan Google sebagai tempat kerja idaman setiap karyawan. Hal ini pernah dibahas dalam suatu acara televisi terkenal di Amerika Serikat. Perusahaan Google memiliki talent-talent yang luar biasa, gaji yang menggiurkan dan kafetaria yang legendaris , ini merupakan tiga hal yang selalu disebut ketika orang membicarakan Google. Fasilitas yang dimiliki oleh Perusahaan Google memang bukan main luar biasa . Berikut apa saja yang menjadi Perusahaan Google sebagai tempat kerja idaman :
1. Scooters are out…bikes are in
Banyak karyawan Google yang pergi ke kantor naik skuter listrik. Tapi, belakangan, banyak yang beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama ke tempat kerja. Mobil yang disediakan perusahaan pun merupakan hybrid car. “Love Earth-Stop Global Warming”
2. Movie nights
Secara rutin, Google menyewa seluruh teater di bioskop selama sehari penuh untuk memberi kesempatan 6000 lebih karyawannya menyaksikan pemutaran perdana film-film blockbuster. Dan setiap karyawan boleh membawa teman. Jarang sekali ada perusahaan yang melakukan kegiatan seperti ini.
3. Goo-goo Googlers
Perusahaan ini sangat peduli pada pasangan muda yang baru memiliki anak. Buktinyan tidak hanya sang ibu yang bisa menikmati cuti melahirkan (dan tetap digaji) selama 18 minggu, tapi sang ayah pun juga diberi cuti 7 minggu.
4. Google’s own Facebook
Intranet Google, yang bernama Moma menyediakan semua informasi mengenai perusahaan, newsletter internal dan buku pegangan baru bagi karyawan. Fasilitas ini sering dimanfaatkan oleh karyawan untuk mencari informasi tentang karyawan lainnya. Bayangkan, direktori ini memuat foto dari 15 ribu lebih karyawan Google.
5. Google air
Panel-panel surya, karpet-karpet daur ulang dan transportasi publik adalah sebagian dari praktik ramah lingkungan yang diadopsi Googe. Di kantor pusat, perusahaan bahkan membuat sistem penyaring udara yang didesain untuk memisahkan racun dan zat-zat berbahaya. Karyawan yang bekerja semalaman di dalam ruangan tertutup tak perlu khawatir karena udara yang dihirup sangat bersih.
6. Google’s Fools!
Ketika Google meluncurkan Gmail pada 1 April 2004, banyak karyawan mengira itu hanyalah lelucon April Mop. Sebab, kejutan yang lucu dan kreatif telah menjadi tradisi di Google setiap 1 April. Tahun lalu, Google mengeluarkan daftar lowongan kerja bagi para engineering di bulan, dan sebuah produk fiktif minuman berenergi untuk otak, Google Gulp dengan aneka pilihan rasa termasuk “Beta Carroty” dan “Glutamate Grape”.
7. Employee clubs
Salah satu media yang dimanfaatkan oleh Google untuk merekrut dan meretensi talent adalah berbagai perkumpulan yang tumbuh di lingkungan perusahaan.
8. Free food, Google style
Fasilitas-fasilitas makan malam kelas satu? Ada. Milkshake berbagai rasa dan dan aneka hasil kebun? Ada. Perusahaan bahkan punya peraturan: karyawan tidak boleh berjarak lebih 100 kaki dari makanan! Tempat-tempat snack dan restauran ada di mana-mana.
Perusahaan Google masih mampu untuk memfasilitasi karyawan-karyawannya dengan sangat baik. Ini membuat Perusahaan Google tetap menjadi salah satu tempat kerja idaman.

Sumber : Fortune.com

No comments:

Post a Comment