Friday, March 19, 2010

Genius Men With Different "Taste"

Maraknya social networking saat ini tidak lepas dari para penciptanya. Social networking yang sukses dan paling populer di dunia, diantaranya adalah Facebook, Twitter dan Myspace. Pria-pria jenius ini sebenarnya memiliki konsep yang sama, yaitu social networking, namun pada akhirnya yang membedakan jejaring sosial yang satu dengan yang lainnya adalah “Taste”. Benar, rasanyalah yang membedakan. Semua jejaring sosial ini tidak jauh berbeda, tujuannya adalah untuk keeping up with friends and family, getting information, etc. Namun dilihat tampilan, fitur-fitur bahkan logo untuk masing-masing jejaring sosial pun dapat memberikan “rasa” yang berbeda. “Rasa” inilah yang dapat menentukan jejaring sosial ini sukses atau tidak.
Berikut beberapa pria-pria jenius yang berada dibelakang kesuksesan jejaring sosial paling sukses di dunia :

Mark Zuckerberg

Umurnya tergolong masih sangat muda, yaitu 25 tahun. Namun dia sudah mendapat kesuksesan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan situs pertemanan yang fenomenal di dunia, yaitu Facebook. Dia berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Awal mula situs ini adalah Mark Zuckenberg merupaksn anggota Alpha Epsilon Pi. Mark Zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa dari Universitas Harvard. Zuckerberg lalu membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya.Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut,ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung didalamnya.Sistem itu lama kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah,dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini sebagai situs pertemanan paling fenomenal di dunia.
Pria yang lahir 14 Mei 1984 ini memang sangat jenius, dia merupakan lulusan Universitas Harvard. Sejak SMP ia sudah gemar merancang program-program komputer. Jadi tidak mengherankan saat ia duduk di bangku kuliah ia dapat menciptakan situs pertemanan yang hampir semua orang punya account di situs pertemanan tersebut, yaitu Facebook. Mark Zuckerberg ini sempat mendapatkan gelar sebagai ”The World’s Most Influential People of 2008” versi majalah Time.
Kabarnya delapan belas juta pengguna Facebook updated their status at least once each day dan Facebook dapat menarik 5 juta anggota baru setiap minggunya.

Jack Dorsey, Biz Stone, Evan Williams

Saat ini Twitter sudah menjadi salah satu situs pertemanan yang disukai oleh banyak orang. Walaupun Twitter hanya menyediakan 140 karakter untuk menulis status atau meng-tweet ke orang lain. Situs ini memang lebih simple dibandingkan dengan Facebook.

Twitter didirikan oleh 3 pria, yaitu Biz Stone, Jack Dorsey dan Evan Williams. Biz Stone adalah co-founder dan Creative Director of Twitter. Pria ini juga pernah membantu situs lain seperti Xanga, Blogger, Odeo, dan Obvious. Dia pun pernah menulis buku, yang judulnya adalah “Blogging: Genius Strategies for Instant Web Content” pada tahun 2002 dan buku lainnnya yaitu “ Who Let The Blogs Out?” pada tahun 2004.
Jack Dorsey ini adalah seorang American software architect dan business person. Di Twitter saat ini ia menjabat sebagai chief executive officer. Pria ini diberi gelar sebagai “Best and Brightest” di dunia komputer oleh majalah BusinessWeek.
Lain hal dengan kedua temannya, Evan Williams adalah seorang American entrepreneur. Pria ini merupakan lulusan University of Nebraska. Ia sempat diberi kehormatan oleh PC Magazine sebagai “People of The Year” di tahun 2004 atas kontribusi besarnya di dunia perkomputeran.

Tom Anderson

Situs Myspace ini sudah terkenal sejak tahun 2003 dan memiliki banyak anggota di seluruh dunia. Yang membedakan Myspace dengan situs pertemanan lain adalah Myspace lebih banayk digunakan untuk promo album atau band baru. Dan banyak musisi kelas atas ataupun musisi pendatang baru yang mempromosikan musik mereka di situs ini.
Situs pertemanan ini didirikan olrh Tom Anderson yang saat ini berumur 38 tahu. Tom yang sampai akhir September 2009 ini memiliki 260 juta teman di account-nya memang sangat jago dalam urusan komputer. Saat masih bersekolah di San Pasqual High School, ia sudah mencoba jadi hacker. Bersama timnya ia berhasil menjebol Chase Manhattan Bank computers. Akibatnya di bulan Oktober 1985 ia bersama tim-nya ditangkap FBI. Karena, ia masih muda, Tom hanya mendapat hukuman ringan saja. Tapi hal ini jangan ditiru, yang kita tiru adalah yang baik-baiknya saja. Bagaimana ia bisa membuat situs pertemanan seperti ini. Hal-hal yang kita tiru harus memiliki nilai positif, Oke!

sumber : wikipedia

No comments:

Post a Comment